Minggu, 10 Mei 2020

Diskusi Harian Kelompok 1_Minggu ke 5

 


Judul Artikel        : Mal Rencana dibuka Juni Apa Kata Pengusaha

Link Artikel         : https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-5009860/mal-rencana-dibuka-juni-apa-kata-pengusaha

Sumber                 : Annisa Indriani – Detik Finance,  Senin 11 Mei 2020 10.35 WIB

Isi                         :


Jakarta - Pemerintah punya kajian awal soal pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi virus Corona (COVID-19). Salah satunya, akan dibukanya pusat-pusat perbelanjaan atau mal pada 8 Juni 2020 mendatang.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mendukung rencana tersebut. Menurutnya, pusat perbelanjaan seperti mal memang harus segera dibuka untuk menggerakkan kembali perekonomian.

"Memang harus dibuka untuk menggerakkan kembali (perekonomian)," kata Budi kepada detikcom, Senin (11/5/2020).

Yang terpenting adalah mempersiapkan protokol kesehatan secara maksimal sebelum dibukanya mal setelah Lebaran. Selain itu, persiapan seperti karyawan dan barang-barang juga menjadi perhatian.

"Persiapannya karyawan, barangnya, terus persiapan protokol kesehatan, seperti itu," ucapnya. Dihubungi secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alexander Stefanus Ridwan mengatakan saat ini Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait pembukaan mal sedang dibahas dan disusun.

"Kita masih berunding. Persyaratannya apa saja masih belum pasti, lagi dirundingin. Jadi standar kesehatannya buat COVID-19 gimana, lagi dirundingin, lagi dibuat SOP-nya," ujarnya.

Pembahasan dilakukan bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Kesehatan, hingga para peritel.

"Kita semua duduk bareng gimana supaya datang ke mal aman, SOP-nya gimana. Apa saja yang boleh dibuka dan kapannya lagi dirundingin," imbuhnya.

Kesimpulan :

Kita ketahui bahwa selama pandemi ekonomi Indonesia bisa dibilang sangat amat dibatasi, dan pendapatan masyarakat juga terbatas, Dengan pembukaan mal ini merupakan salah satu cara agar pengusaha tetap bisa survive, karena kita ketahui peran penting mal adalah mendorong peningkatan konsumsi dalam negeri yang nantinya konsumsi dalam negeri menjadi salah satu aspek penting pendongkrak pertumbuhan ekonomi, yang nantinya dapat di ikuti oleh peningkatan produksi sehingga dapat menstabilkan perekonomian bangsa saat terkena pandemi corona ini, walaupun tidak secara signifikan karena ada beberapa kendala seperti pengusaha yang tidak mampu membayar gaji karyawan dan sewa. 

Terlebih daripada itu,  pembukaan mal ini harus memperhatikan keamanan kesehatan yang memadai tetap perlu diperhatikan, karena pemerintah tidak hanya perlu memperhatikan aspek ekonomi saja, tetapi harus juga di jaga kepercayaan dalam hal keamanan dan jaminan kesehatan selama berbelanja, atau dengan kata lain harus mempersiapkan protokol protokol kesehatan yang memadai, hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan masker saat berbelanja dan tetap jaga jarak.  Yang mana semua itu memang harus dipersiapkan lebih matang lagi.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...