Kamis, 02 Mei 2019

Diskusi Harian


“Penerimaan Pajak dari Sektor UMKM”
            Program Business Development Services (BDS) merupakan upaya mendorong UMKM mitra binaan BUMN agar lebih sadar dam teredukasi mengenai perpajakan maupun usaha. Pajak adalah iuran rakyat kepada negara berdasarkan undang-undang, sehingga dapat dipaksakan, dengan tidak medapat balas jasa secara langsung. Kewajiban pajak juga dikenakan terhadap wajib pajak (orang pribadi atau badan).
            Kami setuju dengan adanya program kredit usaha rakyat (KUR), dana bergulir kementrian koperasi, dari Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu berguna untuk:
1.      Meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif
2.      Meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecill, dan menengah (UMKM)
3.      Serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja
UMKM itu sendiri yaitu salah satu sector unggulan yang menopang perekonomian Indonesia. Pelaku UMKM dan koperasi menempati bagian terbesar dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat Indonesia mualai dari petani, nelayan, peternak, pertambangan, pengrajin, pegadang, dan penyedia berbagai jasa.
      Dengan adanya program pembinaan dan juga bimbingan mengenai masalah perpajakan, pembukaan, pencactatan, dan materi lainnya. Diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih aktif lagi dalam membayar pajak. Selain dari program binaan dan bimbingan. Pemerintah juga memberikan dukungan kebijakan bagi pelaku UMKM yaitu melalui penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) fianl UMKM dari 5% menjadi 0,5%.
      Manfaat menetapkan PPh Final UMKM 0,5%
1.      Mengurangi beban pajak para pelaku UMKM
2.      Tarif yang rendah juga di harapkan bisa mendorong masyarakat untuk terjun ke dunia usaha tanpa rsau diberatkan oleh tarif pajak yang tinggi
3.      Mendorong kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...