Jumat, 03 Mei 2019

Diskusi Harian


Luhut : Anggaran Pindah Ibu Kota Lebih Rendah
Dibandingkan Ongkos Pembangunan DKI
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan angkat bicara terkait rencana pemindahan Ibu Kota ke luar Jawa. Luhut membandingkan anggaran pemindahan Ibu Kota dengan anggaran infrastruktur yang diajukan Gubernur DKI. Perbaikan DKI hampir Rp 571 triliun sesuai pengajuan dari Gubernur. Kalau pemindahan Ibu Kota kira-kira Rp 300 triliun. DKI biarlah menjadi kota perdagangan dan kita mencari kota pemerintahan baru, ujar Luhut.
Sebelumnya, wali kota Palangkaraya, Farid Naparin, menyatakan bahwa Provinsi Kalimantan Tengah siap menyambut rencana pemindahan Ibu Kota ke wilayahnya. Saai ini telah tersedia lahan seluas 300.000 hektar di tiga Kabupaten, untuk menopang pusat pemerintahan, jika Ibu Kota RI jadi dipindah di Palangkaraya.
Opini :
Kami kurang setuju dengan kegiatan pemindahan ibu kota baru ke daerah luar jawa tersebut. Karena jika dilihat dari anggaran dana yg dicanangkan atau diperkirakan kurang lebih 300trilliun tersebut akan lebih efisien jika digunakan untuk diberikan kepada masyarakat golongan menengah ke bawah untuk mengembangkan atau membangun UMKM. Selain itu,dengan anggaran sebesar itu akan mengurangi sejumlah uang kas negara dan akan menyebabkan pelunasan utang negara semakin lama karena uang kas negara sudah dipakai untuk rencana pemindahan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...