Senin, 22 April 2019

Diskusi Harian


Pedagang Harap Distribusi Bawang Putih Jelang Puasa
            Harga bawang putih saat ini menanjak naik, yaitu sekitar Rp. 46. 900-Rp. 60.000per 21 April 2019. Hal ini dikarenakan kurangnya pasokan bawang putih, sedangkan permintaan di pasar mangalami kenaikan. Sehingga pasar tidak dapat mencakupi kebutuhan konsumen dan terjadilah kenaikan harga. Selain itu, faktor lain yang mengakibatkan harga bawang putih naik adalah karena mendekati waktu Ramadhan dan lebaran. Dimana kebanyakan harga barang pokok mengalami kenaikan dikarenakan tingginya permintaan untuk komsumsi naik untuk merayakan Ramadhan dan lebaran.
            Menurut pendapat kami, kelancaran distribusi bawang putih jelang hari puasa sangat diperlukan karena pada rentang waktu tersebut tingkat konsumsi masyarakat akan meningkat. Sehingga dengan adanya kelancaran distribusi dapat membantu meminimalisir tingkat inflasi yang terjadi, sehingga inflasi tidak melebihi ambang batas wajar. Apabila bawang putih mengalami ketidaklancaran dalam distribusi maka akan menyebabkan inflasi, sehingga ditakutkan akan menular pada komoditas yang lainnya. Jadi dalam kelancaran distribusi tersebut diperlukannya peran penting dari importir, diharapkan para importir mau bekerjasama dalam mendistribusikan barangnya untuk mengindari ketidaklancaran distribusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...