Sabtu, 22 Juli 2017

TEKNOLOGI DORONG EFISIENSI

TEKNOLOGI DORONG EFISIENSI
(Kamis, 20 April 2017)

Perkembangan industri pada saat ini sudah berkembang sangat pesat. Perdagangan barang dan jasa makin tidak terbatas, komunikasi antar produsen dan konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk memasarkan produk-produk produsen. Pemasaran pada industri perlu dilakukan dengan seefisien mungkin. Disinilah teknologi dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi, baik efisiensi ongkos produksi, pendekatan antara produsen dan konsumen, efektifitas pemasaran produk dan perkembangan usaha yang berbasis teknologi. Contoh dari beberapa sektor di Indonesia yang telah menggunakan teknolgi komunikasi dan informasi adalah elektronik, otomatif, serta sektor makanan dan minuman.
Pada era globalisasi, pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dapat mendorong produktifitas, efisiensi dan daya saing industri. Teknologi dapat membuat penghematan sehingga harga produk menjadi lebih murah. Proses produksi yang pada semula menghabiskan biaya produksi tinggi dengan output rendah dapat ditekan seminimal mungkin melalui penerapan teknologi pada industri. Hal ini dapat memicu ekspansi pasar atau perluasan skala pemasaran pada lingkup yang lebih luas. Dengan demikian, kelangsungan perusahaan atau industri dapat bertahan hingga jangka panjang dengan ketentuan yaitu bagaimana produsen menangkap peluang yang ada. Akan tetapi, hal ini tidak berbanding dengan struktur masyarakat yang didominasi oleh masyarakat pedesaan apabila penerapan teknologi tersebut berfokus di bidang penjualan dengan obyek media sosial mengingat pengguaan teknologi pada masyarakat pedesaan masih rendah.
Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah bisa dengan meningkatkan penggunaan efisiensi terhadap teknologi pada masyarakat pedesaan. Dengan cara mempromosikan pentingnya teknologi dan sosialisasi penggunaan teknologi pada masyarakat pedesaan sehingga dapat membantu seperti pelaksanaan UMKM dan pemerataan teknologi pada masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Hal ini juga tentunya bisa mengurangi tingkat pengangguran dan peningkatan taraf hidup masyarakat pedesaan kearah yang lebih sejahtera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...