Sabtu, 22 Juli 2017

Laju Penanggulangan di Bawah Target “Kemiskinan”

Laju Penanggulangan di Bawah Target
“Kemiskinan”

Dalam dua tahun terakhir, laju penanggulangan kemiskinan masih di bawah target yakni rata-rata hanya 500.000 penduduk miskin berkurang per tahun. Padahal dibutuhkan pengurangan rata-rata 2 juta jiwa per tahun dalam pencapaian target angka kemiskinan 7-8 persen pada 2019. Deputi bidang kependudukan dan ketenagakerjaan, Bappernas Rahma 1 menyatakan bahwa perlambatan terjadi karena kemiskinan sudah mencapai keraknya. Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin Indonesia per September 2016 sebanyak 27,76 juta jiwa atau 10,70 persen dari total populasi. Demikian perlu program spesifik karena perlambatan tersebut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang relative stagnan selama 16 tahun terakhir.
Program-program yang bersifat merakyat perlu diluncurkan oleh pemerintah sebagai upaya penurunan angka kemiskinan. Pemerintah tidak harus mengandalkan porsi pengeluaran pemerintah dalam APBN. Berbagai program perlindungan social yang berasal dari pengeluaran pemerintah selama ini hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jangka pendek. Sebagian besar program-program tersebut kurang mampu memberikan peningkatan pendapatan masyarakat karena salah satu representative dari menurunnya angka kemiskinan adalah adanya pendapatan perkapita masyarakat.

Pemerintah perlu membuat sebuah framework dalam rangka pencapaian target penurunan kemiskinan. Framework tersebut berisi objek dan segmentasi dari program-program yang diluncurkan pemerintah. objek dan segmentasi tersebut bisa berupa desa ataupun kelurahan yang notabenenya ditinggali oleh masyarakat miskin. Dari sisi makroekonomi pemerintah juga perlu menurunkan angka gini rasio dalam upaya pemerataan pendapatan. Adanya pemerataan pendapatan juga menjadi salah satu cara dalam penanggulangan angka kemiskinan sehingga outcome dari framework tersebut bukan hanya menurunkan angka kemiskinan tetapi juga mengurangi disparitas pendapatan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...