Sabtu, 22 Juli 2017

FAO Dorong Sistem Berkelanjutan

FAO Dorong Sistem Berkelanjutan

            Produk ekspor Indonesia masih banyak mengalami penurunan salah satu penyebabnya adalah perubahan iklim. Hal ini dibuktikan dari lapangan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia tahun 2017 yang menyatakan bahwa negara-negara di kawasan Asia Pasifik menghadapi tantangan yang sama yaitu perubahan iklim seperti perubahan suhu yang drastis dan degrasasi tanah.
            Dari permasalahan diatas, Indonesia berupaya untuk membangun sistem pertanian yang berkelanjutan guna meningkatkan hidup para petani. Hal ini dilakukan dengan mengadakan program pertanian organik dan melakukan konservasi lahan tanaman pangan di NTB dan NTT. Dari kegiatan konservasi lahan tersebut menghasilkan peningkatan jumlah produksi terutama pada jagung. Sedangkan dalam proses produksi, Indonesia mencoba membangun dan mengembangkan “Rice Center” yang dapat membantu proses penggilingan dan pengeringan gabah padi.
            Upaya-upaya yang dilakukan oleh Indonesia ini mulai dari program beras organik sampai “Rice Center” sangat mendukung pertanian yang berkelanjutan karena pada proses (program) beras organik dapat kita ketahui bahwa sangat memperdulikan lingkungan (memakai pupuk organik) dalam proses penanaman. Kemudian setelah proses penanaman tersebut juga dilakukan konservasi lahan agar lahan tersebut dapat digunakan secara terus menerus dan tetap produktif untuk penanaman selanjutnya. Setelah beras dihasilkan maka beras tersebut dapat dikeringkan lalu digiling. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuatlah “Rice Center”. Rice center ini dapat meningkatkan produksi beras karena menggunakan teknologi terbaru. Dengan adanya peningkatan hasil produksi maka hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para petani. Tentunya limbah yang dihasilkan dalam proses penggilingan dapat diminimalisir dan bisa dimanfaatkan secara optimal. Misalnya pembuatan kerajinan jerami yang bisa menghasilkan barang yang ekonomis.



(Piket Selasa J)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...