Senin, 11 Mei 2020

Diskusi Harian Kelompok 3_Minggu ke 5

 

Link: https://ekbis.sindonews.com/read/23427/33/pertumbuhan-ekonomi-ri-merosot-luhut-sebut-masih-tiga-besar-di-asia-1589105136

Pertumbuhan Ekonomi RI Merosot, Luhut Sebut Masih Tiga Besar di Asia

Rina Anggraeni

Minggu, 10 Mei 2020 - 17:19 WIB

views: 214

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tiga besar di Asia. Foto/Dok

A+ A-

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tiga besar di Asia. Sementara itu pandemi corona atau Covid-19 telah memaksa ekonomi RI tumbuh melambat yakni mencapai 2,97% pada kuartal I tahun 2020.

"Dari berbagai sumber-sumber institusi ekonomi dunia, Indonesia masih dikategorikan di tiga ekonomi Asia yang masih tumbuh, India di kisaran 1% dan China pada rentang 2%," kata Luhut di Jakarta, Minggu (10/5/2020).

Terang dia seluruh negara, termasuk Indonesia, merasakan efek negatif dari penyebaran virus Corona ini dari berbagai sisi. Dampak tersebut juga dirasakan pada sektor ekonomi. "Sebenarnya kita masih dalam posisi yang cukup baik," katanya

Luhut mengingatkan, agar pihak-pihak terkait untuk tidak terlena dengan kondisi ini. Menurutnya, dampak virus Corona perlu dikaji dan diselesaikan dengan tuntas agar tidak menimbulkan dampak lebih buruk terhadap perekonomian Indonesia.

Baca Juga:



“Saya harap pada kuartal II/2020 tidak merosot sampai di bawah 0%, mungkin bisa di kisaran 1% hingga 2%," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2020 tumbuh melambat sebesar 2,97% (year on year). Kepala BPS Suhariyanto mengatakan secara kuartalan atau dibandingkan dengan kuartal IV/2019, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat minus 2,41%.

(akr)

 

Hasil diskusi:

Pandemi memberikan dampak yang begitu besar bagi perekonomian global yang terus mengalami kemereosotan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada ekonomi di beberapa negara terlebih bagi negara yang sudah terinveksi virusnya. Salah satunya Indonesia, dimana memasuki awal bulan maret 2020, ekonomi indonesia telah di landa kecemasan. Berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari wancana kedepannya. Sperti pada awal-awal diberlakuakn work from atau studing from home. Selain itu, apabila disisi ekonomi yang semakin merosot, akibat dari pandemi. Berbagai investasi dalam negeri banyak yang dibatalkan.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi, terlebih pada sektor ekonomi nya yang terus-menerus digalakkan. Langkah-langkah yang dilakuakn pemerintah, diantaranya:

1.      melakukan belanja besar-besaran guna meredam kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

2.      pemerintah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

3.      Pemerintah memberi bantuan kredit berbunga rendah, dan menyiapkan berbagai program agar UMKM bergeliat kembali. Salah satunya adalah kebijakan restrukturisasi dan subsidi bunga kredit.

4.      Pemerintah menempatkan dana di perbankan guna memutar roda ekonomi.

5.      pemerintah menegaskan bahwa perkataan segelintir pengamat yang mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin parah hanyalah asumsi negatif.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...