Senin, 01 April 2019

Diskusi Harian


Gaji ASN Naik 5% Tak Berdampak Signifikan bagi Pertumbuhan Ekonomi 2019
            ASN (Aparatur Sipil Negara) merupakan profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai peerintah. ASN memiliki tingkat gaji yang berbeda sesuai dengan golongan atai jabatan. Pada tahun 2019 pasca pemilu pemerintah akan menaikkan gaji ASN sebesar 5%. Kenaikkan gaji ini dialokasikan sekitar 5 sampai 6 triliun dari APBN yang dapat meningkatkan konsumsi rumah tangga ASN.
            Peningkatan konsumsi rumah tangga dapat meningkatkan PDB yang berkontribusi sebesar 55 sampai 56% yang berpengaruh pada kenaikan laju pertumbuhan ekonomi. Selain konsumsi rumah tangga, pengeluaran pemerintah dalam pengalokasian dana APBN pada belanja pegawai juga berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi.
            Berdasarkan data-data yang telah disajikan diatas, menunjukkan kenaikan gaji ASN sebesar 5% berpengaruh pada laju akselerasi pertumbuhan ekonomi yang dipengaruhi oleh oeningkatan konsumsi rumah tangga ASN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...