Rabu, 02 Mei 2018

Pengusaha Mulai Buka Opsi Menaikkan Harga


Kompas Rabu, 25 April 2018

Pengusaha Mulai Buka Opsi Menaikkan Harga
Pro:
Pengusaha disejumlah sektor industri mulai membuka opsi untuk menaikkan harga. Hal ini dilakukan karena terjadi pelemahan posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Menurut kurs referensi Jisdor yang diterbitkan oleh bank Indonesia, nilai tukar rupiah tercatat Rp. 13.900 perdolar AS. Pelemahan nilai tukar rupiah menyebabkan kenaikan harga bahan baku yang bersumber dari impor. Kenaikan harga secara otomatis memengaruhi naiknya ongkos impor. Hal ini menyebabkan semakin banyak biaya yang dikeluarkan oleh industri tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini pengusaha mengambil sebuah kebijakan yaitu dengan mengambil opsi untuk menaikkan harga produk untuk mengatur stabilitas harga. Kebijakan ini dilakukan dengan harapan agar tidak mengecewakan pelanggan, karena dengan memutuskan opsi ini pengusaha tidak akan mengurangi kualitas produk dan diharapkan juga para pelanggan mengerti dan mendukung kebijakan opsi kenaikan harga ini.

Kontra:
Pengusaha di sejumlah sektor industri mulai membuka opsi umtuk menaikkan harga dirasa kurang bija, karena menurut PT Bank Mandiri Tbk. Kartika Widjoamodjo mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kemugkinan hanya berlangsung sementara. Tekanan terhadap rupiah itu juga dipengaruhi pembayaran dividen keluar negeri menggunakan valas yang biasanya dibayarkan pada bulan April dan Mei. Dengan naiknya harga akan mengakibatkan kekacauan harga di masayarakat. Dikarenakan jika pengusaha industri mulai menaikkan harga, tren yang di ikuti oleh para produsen akan meningkatkan harga barang produksinya. Yang terkena dampaknya adalah para konsumen menengah ke bawah. Seharusnya yang dilakukan oleh para produsen adalah menunggu kepastian pemerintah dan tentang kepastian ekonomi agar tidak terjadi kekacauan harga di antara masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...