Sabtu, 14 April 2018

INDUSTRI HADAPI TANTANGAN GENERASI 4.0


6 April 2018
INDUSTRI HADAPI TANTANGAN GENERASI 4.0
PRO:
Penerapan konsep industri generasi ke empat ata 4.0 mampu memperbesar peluang perluasan usaha dan tenaga kerja pada sektor industri baik makanan maupun minuman. Industri 4.0 ini bisa dikatakan memiliki konsep digital sehingga semakin canggih dan pastinya outputnya memiliki kualitas semakin baik pula. Efisisensi yang timbul di penerapan industri 4.0 berpotensi sekali memperluas usaha sekaligus penyerapan tenaga kerja. Penerapan industri 4.0 ini sangat baik menjadi solusi untuk menjaga kinerja sektor usaha yang mengalami kesulitan tenaga kerja karena tidak lagi diminati. Dengan menekuni konsep industri ke empat atau 4.0 ini vendor-vendor dan pemasok teknologi pasti akan meningkat seirirng dengan perkembangannya. Tak hanya itu penerapan industri 4.0 nantinya akan memberikan kesempatan tumbuh dan berkembangnya  industri kecil menengah. Era industri 4.0 tidak lagi mengejar volume atau jumlah output besar, tetapi berorientasi pada kebutuhan yang semakin spesifikas, sehingga keefesienya semakin baik.

KONTRA:
.Penerapan konsep industri generasi ke empat atau 4.0 dinilai masih kurang dinikmati oleh industri-industi atau vendor-vendor di Indonesia dikarenakan hal itu mensyaratkan infrastuktur atau permesinan di industri yang harus bisa memproduksi barang dengan jumlah kecil, tetapi berbiaya rendah dan juga ada empat hal yang jadi tantangan dalam penerapan industri 4.0. tantangan yang dimaksud mencakup penyiapan sumber daya manusia dan modal yang besar untuk investasi. Di Indonesia sendiri, pelaku industri masih menghadapi tantangan klasik, sperti biaya bunga dan pengemblaina investasi yang mahal. Tantangan selanjutnya adalah pelaku industri di Indonesia yang hendak memesan sistem, misalnya masih harus antre.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...