Minggu, 17 Juli 2016

BERAS PLASTIK MEMBAWA HIKMAH

BERAS PLASTIK MEMBAWA HIKMAH



Beras merupakan kebutuhan pokok setiap manusia di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, melainkan semua manusia yang ada di belahan dunia membutuhkan beras guna mempertahankan kelangsungan hidupnya. Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang memiliki lahan yang luas dan subur serta berpotensi untuk menghasilkan beras yag berkualitas. Namun pada kenyataanya untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat indonesia, pemerintah harus mengimport dari luar negeri.

Belakangan ini tersebar isu adanya beras palsu atau beras plastik di daerah bekasi yang disinyalir berasal dari luar negeri. Beras ini sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat indonesia. Apabila dikonsumsi dalam jangka pendek, beras plastik dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti muntah muntah dan diare. Sedangkan dalam jangka panjang, mengonsumsi beras plastik dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Hal ini yang menyebabkan masyarakat khawatir dan lebih waspada dalam membeli beras.

Namun kekhawatiran ini memberi efek kepada produksi pertanian lokal. Beredarnya isu beras plastik, mengakibatkan pedagang lebih memilih membeli beras dari petani lokal karena dianggap lebih aman ketimbang membeli beras impor yang tidak tahu kualitasnya. isu beredarnya beras sintetis ini juga bisa membuat masyarakat lebih percaya dengan hasil produk pertanian lokal. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan produksi pertanian dalam negeri.


Dari penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa isu berasplastik di indonesia memberikan keuntungan bagi negara. Pertama, munculnya kesadaran masyarakat lebih memercayakan pemilihan bahan pangan dari produksi lokal ketimbang impor. Kedua, meningkatnya daya tawar petani lokal yang meningkatkan pendapatan petani. Ketiga, mempermudah dan mempercepat program swasembada pangan, sekaligus terealisisasinya pencetakan lahan sawah baru yang hektare yang digalakkan pemerintah. Terakhir, meningkatkan pengawasan terhadap maraknya impor illegal terutama terhadap komoditi pangan di tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...