Rabu, 10 Maret 2021

HASIL DISKUSI KELOMPOK 2

8 Maret 2021

Link Berita    : https://ekbis.sindonews.com/read/353592/33/ekonomi-indonesia-diprediksi pulih-pertengahan-tahun-2021

Topik : Ekonomi Indonesia Diprediksi Pulih Pertengahan Tahun 2021

Ekonomi Indonesia Diprediksi Pulih Pertengahan Tahun 2021

Pemerintah semakin gencar melakukan berbagai langkah, seperti insentif pajak dan bantuan langsung tunai (BLT) , untuk mengerek pertumbuhan ekonomi. Tahun ini, dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) mencapai Rp627,9 triliun. 
Ekonomi Indonesia masih lesu. Sampai kuartal IV tahun 2020, pertumbuhan ekonomi minus 2,07 persen. Imbasnya, ada 6,5 juta pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan. Pendapatan hilang, konsumsi rumah tangga langsung ambruk. Perekonomian Indonesia sekitar 57 persen ditopang konsumsi rumah tangga.
     
Dana PEN sebesar Rp695 triliun yang digelontorkan tahun lalu tak mampu mengangkat perekonomian. Tahun ini, pemerintah menganggarkan Rp133,7 triliun untuk sektor kesehatan, perlindungan sosial Rp148,66 triliun, program prioritas dan kementerian/lembaga Rp141,36 triliun, usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) serta korporasi Rp157,57 triliun, dan insentif pajak Rp47 triliun.

Ekonom Universitas Indonesia (UI) Telisa Aulia Falianty menilai jumlah sebesar itu cukup untuk membangkitkan perekonomian Indonesia. Namun, pada kuartal I ini belum tentu positif. Dia memprediksi ekonomi akan tumbuh positif pada kuartal II. Hal itu seiring dengan tren data kasus Covid-19 yang terus menurun.        
Dia menerangkan pada tahun lalu, pemerintah membantu dan mendorong masyarakat kelas bawah dengan perlindungan sosial. Namun, pertumbuhan ekonomi tetap minus. Setelah ditelusuri, konsumsi kelas menengah masih kurang besar. Maka tahun ini, pemerintah berusaha keras mendorong konsumsi dari masyarakat kelas menengah.

“Sekarang kebijakan-kebijakan banyak diarahkan untuk meningkatkan konsumsi kelas menengah. Makanya, PPnBM diturunkan dan pajak properti diperingan. Itu untuk mendorong konsumsi kelas menengah. Itu salah satu strategi agar kuartal I dan II sudah tumbuh positif. Menurut saya, sudah pada track yang tepat,” ujarnya saat dihubungi SINDONews, Selasa (2/3/2021).

Telisa memaparkan upaya lain memacu ekonomi dengan program penjaminan dan penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI). Pemerintah telah menunjuk Askrindo dan Jamkrindo untuk penjaminan modal kerja. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BI pun telah melakukan sejumlah relaksasi aturan untuk sektor properti dan kendaraan bermotor.        
“Dengan itu, diharapkan pengusaha-pengusaha bisa berekspansi meningkatkan usahanya melalui pengambilan kredit baru untuk mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi. Kemudian pada sejumlah sektor tertentu diberikan penjaminan kredit UMKM. Kemudian, percepatan vaksin itu untuk meningkatkan confident pengusaha, makanya ada vaksin mandiri,” tuturnya.
     
Asosiasi Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memprediksi jika kasus Covid-19 dan vaksinasi berjalan cepat, pada pertengahan tahun ini ekonomi sudah membaik. Ketua Umum Asosiasi UMKM M Ikhsan Ingratubun mengungkapkan dampak pandemi Covid-19 cukup besar terhadap UMKM. Dari 64 juta, ada 30 juta UMKM yang gulung tikar.
   
Dia menyebut ada sekitar 7 juta orang di sektor UMKM yang kehilangan pekerjaan. Untuk menahan ambruknya UMKM, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp2,4 juta. Ikhsan menjelaskan bantuan itu dikhususkan untuk usaha mikro bukan kecil dan menengah. Dia memastikan bantuan itu sangat bermanfaat bagi pedagang, seperti gado-gado, bakso, dan buah-buahan, untuk kembali memulai usahanya.
  
Dia menuturkan untuk usaha kecil dan menengah itu membutuhkan modal sekitar Rp50-200 juta. Para pengusaha kecil dan menengah memang harus mencari permodalan ke lembaga keuangan, perbankan. “(Butuh) Bantuan untuk pembayaran utang (misal) di-reschedule atau direlaksasi. Tetap minta sampai 2021,” ujarnya.
        
Masalahnya, untuk memulai usaha dan meminjam uang ke bank itu membutuhkan agunan. “Kalau enggak punya agunan, sulit untuk bangkit. Makanya, koperasi sebagai penopang atau penjamin. Kalau Rp2,5 juta itu terlalu kecil (usaha kecil dan menengah). PNM juga masih kecil sekitar Rp2-3 juta yang diberikan. Kalau mikro ok lah,” tuturnya.
           
Usaha pemerintah dengan menurunkan suku bunga sepertinya belum akan berjalan. Iksan membenarkan para pengusaha masih menahan-nahan untuk mengajukan kredit di bank. Dia menyatakan omset usaha itu sekitar 15-20 persen dari normal. Dengan jumlah itu, tidak akan mampu membayar gaji, listrik, kredit kendaraan dan modal di bank. “Ini posisi yang sangat dilematis untuk mengambil kredit,” pungkasnya.

HASIL DISKUSI

Pro 

            Perekonomian  indonesia  pulih di pertengahan tahun 2021 dengan bukti data statistik perubahan kasus covid 19 tersebut dapat dilihat di https://g.co/kgs/BX9DMz terjadinya penurunan kasus baru tersebut memungkinkan bahwa pandemi akan segera dapat diatasi, terlebih untuk sekarang dengan tersedianya vaksin yang telah siap disebarluaskan dengan tetap memperhatikan prosesur pembagian yang telah ditetapkan. Indonesia berinvestasi yang dikeluarkan mencapai Rp 627,9 triliun untuk memulihkan ekonomi nasional. Kebijakan yang dibuat untuk meningkatkan konsumsi kelas menengah, telah menunjukkan pertumbuhan positif.  Tentu saja hal tersebut menjadi kabar baik diawal pemulihan perekonomian Indonesia tahun ini. Pemerintah telah berfokus pada 3 framework pemulihan ekonomi yaitu 1) intervensi kesehatan, (termasuk vaksinasi), 2) membantu orang tidak mampu untuk tetap survive melalui program program perlindungan sosial, membantu dunia usaha dengan subsidi bunga pinjaman, dan dukungan pada BUMN, 3) melakukan reformasi UU Cipta Kerja, reformasi birokrasi, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Jadi, dengan  adanya hal tersebut pastinya akan membantu perekonomian indonesia untuk pulih dalam waktu dekat.

Kontra : 

            Kebijakan  vaksinasi di Indonesia tersebut saat ini masih belum bisa terlaksana sebagaimana mestinya dan kegiatan vaksinasi covid 19 masih belum merata dalam prosesnya. dengan adanya kendala vaksinasi tersebut maka secara otomatis kegiatan UMKM pun akan terhambat. Di kota Probolinggo banyak UMKM yang menutup usahanya karna terkena dampak covid 19.  Tingkat konsumsi dari masyarakat sekitar juga  masih tergolong rendah. Terus dengan melanjutkan program PEN menurut saya kemungkinannya itu masih kecil untuk kembali menjalankan usahanya sehingga  dapat dikatakan bahwa di tahun 2021 ini merupakan sebuah tahun dimana perekonomian Indonesia berjalan secara bertahap menuju perekonomian normal seperti sebelum terjadinya pandemi covid 19. Dilihat dari aspek Vaksinasi serta kesadaran masyarakat Indonesia sendiri yang masih dalam kondisi "ragu" dan takut untuk melakukan konsumsi terhadap kegiatan usaha kecil menengah atau UMKM itu sendiri bisa dikatakan masih jauh dari kata pemulihan ekonomi secara normal.

Kesimpulan:

Dari diskusi hari ini berdasarkan artikel yang berjudul Ekonomi Indonesia Diprediksi Pulih Pertengahan Tahun 2021 tentunya Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian Indonesia. Pemerintah menganggarkan dana untuk berbagai program misal Program PEN, dan lainnya yang salah satunya sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi masyarakat. Perekonomian akan segera pulih diperkuat melalui beberapa data-data yang sudah disebutkan oleh tim pro bahwasanya terdapat penurunan kasus Covid-19. Selain itu, pemerintah juga sudah mulai menyediakan vaksin untuk meminimalisir kasus baru yang akan berdampak lebih parah lagi untuk perekonomian Indonesia. Akan tetapi, opini dari tim kontra untuk aspek Vaksinasi serta kesadaran masyarakat Indonesia sendiri yang masih banyak dalam kondisi "ragu" dan takut untuk melakukan konsumsi terhadap kegiatan usaha kecil menengah atau UMKM itu sendiri perlu untuk direnungkan.

 


1 komentar:

  1. PENGUJI: Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA: Semarang
    WHATSAPP SAYA NO: +62821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK: BCA REKENING No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya mengalami kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman terkemuka secara online yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipu karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang secepatnya dan itu membuat saya mengirimkan kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki baik di bumi maupun di surga, mereka terus meminta lebih dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari sial dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak mempercayainya lagi. Saya menjadi sangat kurus karena kekurangan makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan, minggu berjemur saya melihat seorang teman keluarga lama dari suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen peminjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan dari pinjaman ini agensi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan harga terjangkau sebesar 2% dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRATIF} dan dia juga memberi saya alamat email bereputasi ini dan saya menghubungi mereka seperti yang diinstruksikan dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa stres atau masalah lems dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan terkemuka. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...