Selasa, 12 Mei 2020

Diskusi Harian Kelompok 5_Minggu ke 5

 

Link: https://www.tribunnews.com/nasional/2020/05/13/pemerintah-terbitkan-pp-pemulihan-ekonomi-nasional-lindungi-perekonomian-di-tengah-wabah-corona

Pemerintah Terbitkan PP Pemulihan Ekonomi Nasional Lindungi Perekonomian di Tengah Wabah Corona

Rabu, 13 Mei 2020

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah telah menerbitkan PP nomor 23 tahun 2020 untuk mengesahkan Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Juru Bicara Presiden Bidang Hukum Dini Purwono menjelaskan, PP itu diterbitkan untuk melindungi perekonomian agar tetap bertahan di tengah wabah corona.

"PP ini bertujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan usaha rakyat agar tetap bertahan di masa sulit dan menghindari terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)," kata Dini Purwono melalui keterangannya, Rabu (13/5/2020).

Menurut Dini terdapat sejumlah pilihan bantuan yang disediakan pemerintah lewat PEN.

 

Pertama lewat Penyertaan Modal Negara (PMN) pada BUMN yang ditunjuk untuk meningkatkan kapasitas perusahaan atau melaksanakan penugasan khusus dari Pemerintah.

 

Kedua, melalui penempatan dana pemerintah untuk memberikan dukungan likuiditas perbankan yang berkategori sehat dan tergolong 15 bank beraset terbesar, untuk melakukan restrukturisasi kredit atau tambahan kredit modal kerja.

 

Ketiga melalui investasi dan atau penjaminan Pemerintah melalui badan usaha yang ditunjuk berdasarkan ketentuan perundang-undangan.




 

Hasil diskusi:

Pandemic Covid-19 mengakibatkan keterpurukan ekonomi di seluruh negara terdampak, salah saunya Indonesia yang mengalami perlambatan ekonomi sebagai imbas pandemi Covid-19 bisa memunculkan kemiskinan. Bahkan, Indonesia bisa mengalami pertambahan angka penduduk miskin mencapai 130 juta jiwa dari total jumlah penduduk akibat corona. Pandemi Covid-19 berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mengalami perlambatan dan penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara, nilai tukar rupiah, dan industri jasa keuangan sehingga.
oleh karena itu, dalam upaya pemuliahan ekonomi saat ini emerintah tengah menjalankan kebijakan-kebijakan ekonomi untuk menghadapi pandemi corona. Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penerapkan PSBB ini bertujuan untuk memutus mata rantai persebaran corona, sekaligus menjaga agar ritme kehidupan perekonomian tetap berjalan. Selain itu, juga penting diperhatikan lainnya adalah mengenai  efektivitas penggunaan dan penyerapan dana dalam rangka PSBB sebesar Rp 70 triliun. dana itu harus tepat sasaran dan tidak bocor, hal ini dikarenakan akan lebih baik bila dana untuk penanggulangan corona jumlahnya lebih besar dari insentif pemulihan ekonomi. Dengan jumlah dana penanggulangan lebih besar, pemerintah tidak akan kesulitan untuk menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan, penyediaan kamar perawatan untuk pasien corona, memproduksi masker yang cukup bagi masyarakat. selain itu, ana penanggulangan dalam jumlah lebih besar dari dana insentif pemulihan ekonomi adalah investasi jangka panjang. "Menyelamatkan nyawa manusia adalah juga menyelamatkan sektor-sektor ekonomi,"

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...