Senin, 04 Maret 2019

Diskusi Harian


Bahan Pangan Beri Andil Positif Terhadap Inflasi di Februari 2019
Pada Februari 2019 indonesia mengalami inflasi sebesar 2,57%. Inflasi merupakan proses kenaikan harga secara umum yang terjadi secara terus-menerus terkait dengan mekanisme pasar yang ada pada saat itu. Inlasi berdampak buruk debgan menyebabkan penurunan investasi. Mendorong kenaikan suku bunga. Spekulasi penanaman modal. Terhambatnya pembangunan ekonomi, deficit neraca pembayaran. Ketidakstabilan ekonomi dan menurunnya kesejahteraan masyarakat sedangkan Indonesia mengalami deflasi sebesar 0,08% pada Februari 2019. Secara umum deflasi menyebabkan anjloknya pendapatan pada sector bisnis, pengurangnan gaji dan pemutusan hubungan kerja. Pengeluarab konsumen yang berubah, sera merosotnya investasi.
            Deflasi pada bulan Februari ini sebabkan karena adanya perbedaan kondisi panen saat ini dengan kondisi panen 4-5 tahun yang lallu dimana setiap puncak musim hujan seperti bukan Januari dan Februari biasanya harga sayuran di Indonesia menjadi tinggi. Karena curah hujan tinggi menyebabkan masalah dalam budidaya, diantaranya serangan hama penyakit yang tingi. Sehingga membuat pasukan minim dan mempengaruhi harga menjadi tinggi. Sedangkan saat ini, kondisi ini sudah dapat ditangani dengan pendekatan teknologi dan bibit unggul sehingga oanen dibulan Januari-Februari mendapatkan panen yang layak.
            Namun, karena panen yang melimpah menyebabkan persedian melimpah sehingga harga barang turun. Penurunan harga barang ini tentunya membawa danpak negative bagi petani yang menanamnya. Hal ini dikarenakan moda, yang dieluarkan untuk membeli bibit unggul, pupuk dan pendekatan teknologi untuk menanggulangi masalah yang disebabkan oleh serangan organisme pengganggu tanaman/OPT, biaya tenaga kerja, serta biaya tambahan ainnya tidak sesuai dengan pendapatan yang diperoleh petani ketika panen raya datang. Dapat diakatakan bahwa deflasi bahan pangan memberi andil positif terhadap inflasi bulan februari. Namun hak itu berdapak buruk pada petani dan tenaga kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...