Rabu, 13 Maret 2019

Diskusi Harian


KEPALA BAPPENAS UNGKAP ALASAN BANYAK INVESTOR MASUK BISNIS E-COMMERCE


E-commerce merupakan suatu bisnis perdagangan elektronik yang saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat indonesia.Jumlah pengguna jasa e-commerce yang semakin hari semakin meningkat mengakibatkan banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi pada bisnis e-commerce ini.Meskipun Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas),Bambang brodjonegoro mengungkapkan bahwa perusahaan e-commerce yang telah berstatus unicorn sekalipun,banyak yang belum menghasilkan keuntungan.Tetapi bagi investoe menjadikan tantangan tersendiri bagi mereka.Dimana dengan melihat semakin tingginya penggunaan e-commerce.Maka keuntungan yang didapatkan bila berinvestasi disanapun akan besar dimana hal tersebut tetap tidak luput dari teori investasi.Jika keuntungan yang diperoleh semakin besar maka resiko yang kegagalanpun akan semakin besar pula ,dan semakin tingginya resiko suatu investasi maka akan semakin menarik minat investor pula.


Menurut menteri PPN, alasan tingginya minat investor dalam menanamkan modalnya di bisnis toko online/e-commerce adalah melihat peluang besar dalam transakasi tersebut. Padahal saat ini, peluang dari e-commerce sendiri memang memilki laba/profit yang sangat tinggi dikarenakan keefektifan dan keefisienannya tetapi di satu sisi mereka juga memiliki peluang kerugian yang sangat tinggi pula.

Dikarenakan resiko-resiko yang dihadapi juga banyak, seperti potensi terjadinya penipuan dimana individu atau kelompok akan mengalami kerugian di bidang finansial. Dan juga memiliki resiko di bidang pencurian informasi data. Misalnya: pencurian terhadap kepemilkan teknologi/claim. Juga resiko yang harus dihadapi lainnya adalah kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Misalnya: sering terjadinya gangguuan pada jaringan server yang menyebabkan akses gagal.

Saat ini Indonesia,belum ada UU yang dapat memberikan perlindungan kepada konsumen. Karena sebab tersebut masih banyak terjadi kecurangan di dalam e-commerce yang menyebabkan kerugian finansial bagi konsumen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...