Rabu, 20 Maret 2019

Diskusi Harian


“Mega Proyek Meikarta Terbitkan MTN Mini Rp. 4 M”
            Seperti yang kita ketahui bahwa MTN (Medium Terms Notes) merupakan jenis surat berharga yang berbasis utang. Dalam kasus ini PT. Mahkota Sentosa Utama yaitu pengelola kota meikarta menerbitkan surat utang jangka menengah dengan besar kurang lebih Rp. 4 M. Dalam kasus ini PT. Mahkota Sentosa Utama dan PT. Browspirit Asset Management patinya memerlukan pinjaman yang cepat sehingga cukup beresiko bagi pihak penerbit MTN seperti mereka. Posisi manajer investasi dalam sebuah penerbitan MTN jarang dijumpai, sedangkan apabila posisi tersebut tidak terlibat aktif maka pengelolaan, pengawasan, dan pengaturan MTN bisa jadi tidak terkendali.
            Kemudian apabila proyek berhenti ditengah jalan. Maka hal ini dapat menghambat seluruh jaringan kerja tentunya para investor. Dengan penerbitan MTN ini mungkin memang mengenakan bunga cukup besar yaitu II…%. Tetapi tetap resiko yangdimulai pasti juga besart dan tidak menutup kemungkin terbukanya praktek-praktek illegal yang baru. Bunga tsb bersifat tetao dan dibayarkan tiap 3 bulan sekali selama 4 tahun 153 hari kalender. Sehingga PT. Mahkota Sentosa Utama seharusnya dan sebaiknya memperhitungkan resiko lancar dan resiko cepat atas laporan keuangannya agar para investor tertarik mendanai MTN tsb. Dikarenakan biaya penerbitan dan pelunasan (periode dan pokok) yang tingi dikhawatirkan PT. Mahkota Sentosa tidak dapat membayar pelunasan MTN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...