Senin, 25 Maret 2019

Diskusi Harian




PROGRAM SANTRIPRENEUR AIRLANGGA
SANTRI BISA JADI WIRAUSAHA ANDAL
(Sumber:JPNN.com)

Santri dikenal sebagai orang yang memiliki kemandirian yang kuat karenatelah terlatih untuk hidup jauh dari orang tua. Mereka terbiasa mengatur kehidupannya sendiri. Santri juga dikenal dengan risk taker atau pengambil resiko karena mereka berani keluar dari kenyamanan yang mereka dapatkan dirumah. Menurut berbagai sumber dua sifat yang dimiliki santri ini dapat dijadikan sebagai modal dasar untuk menjadi entrepreneur.
Pada kenyataannya kuarang dari 20% santri tidak menjadi enterpreuner dan memilih pada jalur islami. Namn, di era digital dan revolusi industry 4.0 dibutuhkan berbagai inovasi dan kreatifitas dari generasi milenial, salah satunya santri. Oleh karena itu, dengan modal yang dimiliki oleh para santri untuk menjadi entrepreneur dibutuhkan wadah pendukung untuk melatih dan mengembangkan kreatifitas mereka.
Program santripreneur merupakan sebuah solusi untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur pada diri setiap santri. Program ini telah diterapkan di Ponpes Darul Islam, Sragen dan Asrama Perguruan Islam(API). API sendiri telah menerapkan pesantren entrepreneur selama 13 angkatan yang memiliki slogan “man jadda wa jadda” yang artinya siapa yang mau berusaha pasti berhasil dan mengikuti ajaran Rosul untuk berdagang seorang entrepreneur berupa perubahan mindset untuk menjadi wirausaha handal, diajarkan pembuatan bussines plan, pelatihan entrepreneurship dari para entrepreneur sukses serta terdapat praktek kerja lapang dengan magang di beberapa perusahaan sesuai minat para santri. Program ini dapat melahirkan para santri yang memiliki jiwa wirausaha handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...