Jumat, 22 Maret 2019

Diskusi Harian


Bank Indonesia Siapkan Standarisasi Eloktronifikasi QR Code Payment

              Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng menyampaikan QR Indonesia Standard (QRIS) akan diperluas tidak hanya ke merchant, tetapi juga ke masyarakat luas. Quick Respone Code Payment atau QR Code Payment adalah metode pembayaran tanpa uang tunai dengan memindai atau scanning kode yang berwujud dimensi. Di Indonesia, sudah ada beberapa perusahaan yang menyediakan jas QR Code, seperti : Gojek Indonesia (Go pay), Telkomsel (T-Cash), Visionet International yang masih terafiliasi dengan Grup Lippo.

Opini

              Bahwa dengan berita diatas kita setuju dengan adanya standarisasi elektronofikasi QR Code payment. Karena dengan adanya hal tersebut kita dapar merasakan banyak keuntungan. Keuntungan pertama yaitu kita lebih efisiensi dalam melakukan transaksi sistem pembayaran. Kita dimudahkan hanya dengan scan barcode di ponsel kita lalu total dari harga barang tersebut sudah terbayarkan tanpa perlu repot lagi menggunakan uang tunai atau uang elektronik.

              Keuntungan yang kedua yaitu transaksi lebih aman. Hal ini ditegaskan oleh kepala departemen kebijakan dan pengawasan sistem pembayaran BI, Eni Panggabean, Bahwa BI akan langsung mengeluarkan izin terhadap layanan pembayaran dengan metode QR begitu semua persyaratan terpenuhi.

              Keuntungan yang ketiga yaitu lebih responsif dibanding dengan sistem pembayaran menggunakan tap kartu. Hal ini dikarenakan tap kartu terkadang ada kalanya, tidak terbaca tidak terbaca oleh sistem yang disebabkan oleh kertu nya yang rusak, tau kadang basah, dll. Kejadian tersebut akan merepotkan konsumen.


Maka dari itu disini kami sangat setuju dan mendukung sistem pembayaran melalui pembayaran QR ini. karena sangat efektif, akurat dan lebih aman.

             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Diskusi Kelompok 14_Minggu 4 (Mei)

  HASIL DISKUSI KELOMPOK 14 19 Mei 2022 Topik : Pemerintah tetap mewajibkan penggunaan masker pada kondisi dan kelompok masyarakat tertent...